3 Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan – Sebagai orang yang sadar akan pentingnya kesehatan, mendapatkan sebuah jaminan atas resiko yang sewaktu-waktu terjadi nampaknya bisa membuat kita lebih tenang, salah satunya dengan mengikuti program jaminan sosial dan kesehatan dari pemerintah melalui BPJS kesehatan.

Jika dibandingkan penyedia jasa asuransi sejenis, pihak BPJS ini lebih memiliki premi yang relatif murah (dengan pembagian kelas) ditambah lagi dalam melakukan cek tagihan BPJS kesehatan juga bisa menyesuaikan keadaan dan kebutuhan pesertanya.

Sebagai anggota BPJS tentunya anda tak menginginkan status kepesertaan anda tersebut terganggu hanya karena lupa membeyar tagihan sehingga menyebabkan terhambatnya atau tidak aktifnya status anggota pada saat dibutuhkan.

Oleh karena itulah cek tagihan BPJS sangat penting untuk dilakukan. Selain untuk melakukan tindak pencegahan dari status non-aktifnya kartu namun juga menghindarkan kita dari denda keterlambatan pembayaran.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan
Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Lantas bagaimana dan dengan cara apa saja kita dapat melakukan cek tagihan pada status keanggotaan BPJS, berikut selengkapnya:

Cek Menggunakan Layanan SMS

Cara pertama ini merupakan cara yang paling simple dan mudah, terlebih bagi kalangan yang masih awam dengan yang namanya internet. Jadi kendala akan keterbatasan perangkat dan pemahaman internet bukanlah penghalang berarti untuk para anggota melakukan cek tagihan BPJS kesehatan. Proses lengkapnya silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Siapkan nomor hp yang aktif dan memiliki saldo pulsa untuk melakukan sms.
  2. Buka menu sms dan buat pesan baru. Ketikan TAGIHAN <spasi> No. BPJS ANDA. Sebagai contoh berikut, TAGIHAN 0009876547654.
  3. Kirimkan sms tersebut ke nomor 087775500400.
  4. Tunggu jawaban dari sms yang masuk. Informasi terkait jumlah tagihan dan denda jika terjadi penunggakan akan disampaikan.

Selain menggunakan 13 digit No. kartu BPJS anda, sms gateway juga melakukan cek pada nomor identitas lainnya seperti NIK KTP ataupun nomor induk kepegawaian yang dimiliki.

Cek Online Melalui Laman Resmi

Alternatif lain yang bisa anda gunakan yakni melakukan cek dengan langsung mengunjungi situs milik BPJS. Untuk yang memiliki pemahaman tentang internet dan perangkat yang memiliki dukungan akses anda bisa dengan mudah menggunakan layanan ini.

  1. Kunjungi laman resmi yang telah disediakan oleh pihak BPJS kesehatan di bpjs-kesehatan.go.id
  2. Pada laman muka, akan ada pilihan untuk melakukan pengecekan tagihan BPJS, pilih opsi tersebut
  3. Laman aplikasi baru akan muncul pada perangkat yang anda gunakan. Isi semua hal yang dibutuhkan terkait nomor BPJS yang bersangkutan, tanggal lahir, serta validasi pemeriksaan anda bukan robot. Pastikan semua terisi dengan benar.
  4. Usai sistem website melakukan pemanggilan data terkait yang dimasukkan, semua informasi detail akan dimunculkan seperti nama peserta dan seluruh keluarga, nomor peserta, tagihan per individu, dan nominal denda (jika peserta melakukan keterlambatan).

Cek Menggunakan Aplikasi Smartphone Android

Cara ini bisa dibilang paling praktis dan efisien jika anda memiliki perangkat smartphone berbasis Android. Data dan berbagai informasi lain bisa anda akses sewaktu-waktu secara real time di hp anda tanpa perlu menunggu sms balasan atau akses laman.

  1. Pastikan aplikasi BPJS kesehatan sudah terpasang di smartphone anda. Untuk yang belum ada, bisa di download langsung pada Play Store.
  2. Buka aplikasi dan daftar dengan email yang masih aktif, bisa juga dengan email yang anda gunakan untuk hp Android anda.
  3. Setelah pendaftaran berhasil dan bisa login. Pilih menu tagihan yang tersedia pada aplikasi.
  4. Setelah anda melakukan cek tagihan BPJS kesehatan, maka akan ditampilkan semua peserta yang terlibat dalam satu KK dan total pembayaran tagihan yang mesti dibayar.

Demikianlah beberapa cara cek tagihan BPJS Kesehatan yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Simak juga: Opsi Cara Pembayaran BPJS Kesehatan untuk Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *