Bisakah Daftar BPJS Perorangan? Ini Jawabannya!

Dapatkah daftar BPJS perorangan tanpa mengikutsertakan keluarga dalam KK?

Untuk mendapatkan jaminan kesehatan, masyarakat tentu tak perlu lagi dipusingkan dengan adanya BPJS Kesehatan sebagai asuransi penjamin yang berada di bawah naungan pemerintah. Guna menjangkau semua lapisan masyarakat yang bersifat heterogen dan majemuk ini, BPJS sengaja memberikan pelayanan dengan variasi kelas, dan tak hanya pekerja atau buruh, masyarakat sendiri dapat melakukan daftar BPJS perorangan atau jalur mandiri.

daftar bpjs perorangan
Daftar BPJS Perorangan

Untuk mendaftar BPJS anda bisa melakukan dengan cara offline atau konvensional, yakni dengan datang langsung ke kantor BPJS membawa berkas persyaratan lengkap. Cara yang lebih mudah dan praktis dengan cara online. Anda tak perlu keluar rumah untuk mengurus berbagai keperluan pendaftaran, cukup dengan berada di depan komputer yang memiliki jaringan internet memadai anda sudah dapat melakukan pendaftaran BPJS di laman resminya.

Perlu diketahui meski namanya BPJS perorangan, calon peserta yang melakukan pendaftaran perlu melampirkan berkas para anggota keluarga yang bersangkutan dalam 1 KK.

Meski telah disediakan varian kelas yang bisa dipilih sesuai kemampuan finansial calon peserta, tetap saja masih banyak kalangan masyarakat kelas menengah bawah yang merasa iuran bulanan terlalu memberatkan jika harus melunasi semua tagihan individu dalam 1 KK. Sehingga berniat untuk mendaftarkan anak atau individu yang memiliki fisik lemah atau menderita penyakit tertentu saja.

Contoh kasus, jika peserta A mengambil BPJS kelas 3 dengan rincian individu dalam 1 keluarga yakni 1 suami (A sebagai kepala keluarga), 1 istri, dan 2 orang anak (salah satu anak mengidap penyakit tertentu), maka untuk iuran yang perlu dibayarkan setiap bulannya total berjumlah 4 x 25.5000 = 102000. Besaran ini tentu tak akan jadi masalah untuk kalangan menengah ke atas, namun tidak untuk sebagian orang yang memiliki penghasilan tak tetap.

Jadi peserta A menganggap jika bisa mendaftarkan hanya 1 individu saja dari anggota keluarga yang memang dirasa karena menderita penyakit tertentu, biaya yang akan dikeluarkan bisa lebih efisien dan tepat sasaran.

Lantas Bisakah Mendaftarkan Individu Tertentu Secara Perorangan?

Untuk peserta yang daftar BPJS perorangan baik dengan cara offline maupun online pasti memiliki pertanyaan yang sama, yakni dapatkah seorang calon peserta yang mendaftar secara perorangan atau individu hanya mengikutkan dirinya atau individu tertentu saja dalam 1 KK sebagai peserta tanpa melibatkan seluruh anggota yang berada dalamnya?

Sayangnya untuk saat ini, jawabannya “Tidak Bisa”. Pihak BPJS sendiri telah memberlakukan peraturan yang mewajibkan calon peserta yang daftar BPJS perorangan untuk mengikutsertakan semua anggota keluarga yang ada tanpa kecuali. Bahkan untuk melakukan pendaftaran perorangan secara individu, calon peserta tidak diperbolehkan mendaftar jika salah satu anggota sudah memiliki status kepesertaan. Dan hanya dapat diselesaikan dengan mendaftar langsung di kantor terdekat.

Kasus Pengecualian Untuk Pendaftaran Perorangan

Pendaftaran BPJS perorangan atau keluarga untuk individu tertentu saja hanya berlaku pada peserta BPJS ketenagakerjaan yang memiliki kelebihan jumlah keluarga maksimal untuk ditanggung pihak perusahaan atau badan usaha.

Jadi jika peserta dari golongan PPU atau pekerja penerima upah memiliki keluarga yang lebih dari ketentuan semula, 5 orang (ayah, ibu, dan 3 anak), maka peserta diharuskan mendaftarkan sendiri kelebihan anggota keluarga dalam KK bersangkutan dan pembiayaan menjadi tanggung jawab penuh peserta bukan perusahaan.

Jadi kesimpulannya, daftar BPJS perorangan dengan hanya mendaftarkan anggota tertentu tidak dapat dilakukan. Jika peserta merasa keberatan dengan iuran karena memang kemampuan finansial yang tidak memadai, peserta dapat menghubungi langsung pengurus desa setempat untuk dipertimbangkan jadi peserta PBI saat adanya update dara dari BPS.

Simak juga: 3 Alternatif Cara Bikin BPJS Yang Tidak Perlu Ribet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *