Panduan Mendaftar BPJS Kesehatan Perusahaan Step by Step!

BPJS Kesehatan Perusahaan –  Kita ketahui terdapat BPJS Kesehatan perorangan dan BPJS Kesehatan Perusahaan, meskipun memiliki ciri-ciri yang berbeda tetap saja tujuan dari lembaga ini sama yaitu membantu seluruh penduduk indonesia dalam memenuhi kebutuhan kesehatannya.

Pada tanggal 31 Desember 2013 presiden SBY menegaskan bahwa tidak ada lagi rakyat miskin yang ditolak untuk mendapat perawatan kesehatan karena sudah dijamin oleh lembaga BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan Perusahaan
BPJS Kesehatan Perusahaan

BPJS Kesehatan Perusahaan

Bagi anda yang belum memahami perbedaan dari BPJS Kesehatan Perusahaan dan perorangan dalam kesempatan kali ini InfoBPJSOnline akan menyajikan semua informasi mengenai BPJS Kesehatan perusahaan secara detail sebagai berikut:

  • Bagi yang ingin menjadi peserta BPJS Kesehatan perusahaan hanya dapat memilih kelas 1 dan kelas 2
  • Pembayara iuran bulan lebih murah dibandingkan BPJS Perorangan karena sekali bayar bisa menanggung 5 anggota sekaligus
  • Dalam pembagian fasilitas kesehatan/kelas ditentukan berdasar besar kecilnya gaji calon peserta
  • Semua peserta BPJS Kesehatan perusahaan tidak dapat pindah kelas jika gaji perusahaan tidak mengalami perubahan
  • Pembayaran dilakukan oleh perwakilan perusahaan secara kolektif
  • jumlah pembayaran iuran bulan pada BPJS Kesehatan perusahaan dihitung seperti 5% x (gaji pokok + tunjangan tetap) maksud begini 4% ditanggung oleh perusahaan dan 1% ditanggung oleh perusahaan yang bersangkutan. 

BPJS Kesehatan Perorangan

  • Bagi yang ingin mendaftar BPJS Kesehatan perorangan dapat memilih kelas sesui keinginan masing-masing mulai dari kelas 1, kelas 2, kelas 3
  • Seluruh calon peserta BPJS Kesehatan perorangan bebas ingin masuk kelas 1, kelas 2, dan kelas 3 sesuai dengan ingin tanpa harus dibatasi oleh gaji pribadi
  • Jumlah pembayara iuran bulan peserta perorangan dihitung berdasarkan pilihan kelas/fasiltas kesehatan
  • Pembayaran iuran bulanan harus dilakukan secara bersamaan untuk semua peserta yang terdapat dalam KK keluarga
  • Bagi peserta perorangan yang memilih kelas 1 dan kelas 2 harus memilik paling tidak 1 rekening sedangkan yang memilih kelas 3 tidak wajib memiliki rekening bank
  • Bagi calon peserta perorangan yang ingin mendaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan harus mengikut sertakan seluruh anggota keluarga yang terdapat dalam KK.

Perbedaan BPJS Kesehatan Perusahaan Vs Perorangan

Perbedaan antara BPJS Perusahaan vs Perorangan sebagai berikut: 

Anda semua pasti bingung mana yang lebih baik menjadi peserta BPJS Kesehatan perusahaan atau BPJS Kesehatan perorangan, dari penjelasan diatas kita bisa ambil kesimpulan bahwa perusahaan dan perorangan memiliki kelebihan masing-masing serta memiliki fasilitas kesehatan yang sama sesuai dengan pilihan kelas.

Namun untuk jumlah iuran bulanan peserta BPJS Kesehatan perusahaan lebih murah dibandingkan dengan BPJS perorangan karena 4% dari jumlah iuran bulanan BPJS Perusahaan ditanggung oleh perusahaan peserta bekerja dan 1 % ditanggung oleh peserta itu sendiri tetapi bagi peserta BPJS Kesehatan akan kesulitan untuk pindah kelas sedangkan anggota BPJS Kesehatan perorangan berhak memilih kelas/fasilitas kesehatan berdasarkan keinginan masing-masing.

Maka dari itu semua tergantung pada kita sendiri ingin mendaftar BPJS Kesehatan perusahaan atau BPJS Kesehatan perorangan semua itu terserah pada anda, itu lah sedikit penjelasan mengenai perbedaan dari BPJS perusahaan dan BPJS perorangan.

Cara daftar BPJS Kesehatan Perusahaan

  1. Bagi calon BPJS Kesehatan yang ingin mendaftar, anda harus mendaftar melalui perwakilan dari perusahaan masing-masing yang bisa dilakukan dengan langsung datang ke kantor BPJS Kesehatan maupun dengan cara online. Namun lebih baik agar perwakilan perusahaan datang langsung ke kantor pusat maupun cabang dari BPJS Kesehatan agar terhindar dari kesalahan pengisian data, terdapat beberapa syarat yang harus anda siapkan diantaranya:
  • Anda harus mengisi formulir atau download formulir Pendaftaran Perusahaan silahkan untuk klik (pendaftaran perusahaan yang berwarna biru )
  • Setelah mendownload dan mengisi data, melampirkan NPWP dari perusahaan anda bekerja
  • Setelah itu anda harus melampirkan surat izin Usaha perdagang dari perusahaan
  • Siapkan fotocopy KTP anda, fotocopy KK serta pas foto berwarna 3×4 sebanyak 2 lembar.
  1. Setelah selain melakukan tahap pertama anda akan menerima Nomor Virtual Account yang berfungsi untuk pembayaran iuran bulanan, Nomor Virtual Account diberikan kepada perusahaan agar saat melakukan pembayaran dapat dilakukan oleh pihak perusahaan (Bank Republik Indonesia BRI / Bank Mandiri / Bank Negara Indonesia BNI).
  2. Setelah melakukan pembayaran pertama kali serah bukti kekantor BPJS Kesehatan agar dilakukan proses pencetakan kartu ID peserta BPJS Kesehatan Perusahaan

Cara Menentukan Kelas dari BPJS Kesehatan Perusahaan

Pada golongan pertama yaitu Karyawan swasta atau karyawan BUMN berhak atas kelas sebagai berikut ini :

  • Kelas 1 bagi mereka yang memiliki gaji  lebih dari Rp 5.000.000
  • Kelas 2 bagi mereka yang memiliki gaji kurang dari Rp 5.000.000

Golongan peserta BPJS Kesehatan berikutnya adalah PNS dan TNI atau POLRI memiliki hak sebagai berikut :

  • Kelas I untuk pegawai dengan golongan II dan III
  • Kelas II untuk pegawai dengan golongan I

Dari penjelasan diatas kita bisa ambil kesimpulan bahwa setiap peserta BPJS Kesehatan perusahaan tidak dapat memilih kelas berdasarkan masing-masing namun dipilih berdasarkan gaji dan golong pekerjaan mereka.

Namun bagi anda yang ingin masuk kelas 1 tetapi gaji tidak bisa masuk dalam kategori jalan satu-satunya dengan mendaftar anggota BPJS Kesehatan mandiri.

Keuntungan Mendaftar via Perusahaan

Berikut ini keuntungan dan kerugian mendaftar BJPS Kesehatan lewat perusahaan sebagai berikut :

  1. Bagi peserta BPJS perusahaan, perusahaan ikut serta membantu dalam pembayaran iuran bulanan sebanyak 4% dari 5% yang harus dibayar
  2. Saat melakukan pendaftaran perwakilan perusahaan yang mendaftar diri anda sehingga anda hanya perlu mengumpulkan syarat-syarat yang sudah ditentukan.
  3. Jika anda mengalami pemecatan, status keanggotaan BPJS Kesehatan anda akan tetap berlaku sampai 6 bulan berikutnya itu sesuai dengan aturan PerPres No 12 tahun 2013

Kerugian Mendaftar via perusahaan 

  1. Bagi peserta BPJS Kesehatan gaji akan dipotong setiap bulan untuk dibayarkan kebadan usah pemerintah BPJS
  2. Saat anda mengundurkan diri maka status keanggotaan di BPJS kesehatan akan dinonaktifkan namun anda tetap tidak mempunyai hutang kepada BPJS Kesehatan
  3. Anda tidak dapat menentukan sendiri kelas mana yang akan dipilih karena semua itu tergantung oleh besar kecilnya gaji masing-masing calon peserta.

Kesimpulan :

Bagi anda yang tinggal di indonesia wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan baik itu BPJS Kesehatan Perusahaan maupun BPJS Kesehatan perorangan semua tergantung minat dari masing –masing peserta.

Saran dari kami bagi anda yang bekerja di perusahaan yang mau mendaftarkan karyawan sebagai peserta baru BPJS Kesehatan dan mau membayar iuran bulanan dengan memotong gaji bulan ada baiknya untuk memilih menjadi anggota BPJS Kesehatan perusahaan karena anda tidak perlu repot-repot membayar sendiri.

Sekian informasi dari kami mengenai BPJS Kesehatan Perusahaan semoga dapat menambah wawasan anda dalam memilih ingin menjadi anggota BPJS Kesehatan Perusahaan atau BPJS Kesehatan perorangan, terima kasih. Simak juga: Panduan Cara mengurus BPJS Kesehatan yang Benar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *