Pilihan Cara Bayar BPJS Kini Semakin Banyak dan Mudah

Cara Bayar BPJS – Dengan adanya BPJS Kesehatan yang mulai berjalan beberapa tahun silam, akses untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan yang memadai bukan lagi hal yang terlampau sulit dan ribet.

Tak hanya itu, kini masyarakat dapat memperoleh itu semua dengan mudah dalam berbagai proses kepengurusan sebagai anggota, mulai cara mendaftar hingga cara bayar BPJS. Berbagai kemudahan tersebut diharapkan meningkatkan antusiasme agar masyarakat berbondong-bondong untuk memanfaatkan layanan kesehatan yang disediakan pemerintah ini.

Meski telah disediakan semua kemudahan tersebut, tak jarang banyak peserta yang masih telat membayar iuran BPJS karena lupa, masih mengalami kebingungan tentang cara pembayarannya, hingga malas membayar terkait lokasi kantor yang jaraknya lumayan jauh.

Cara Bayar BPJS yang Super Mudah

Nah demi menghindari hal tersebut dan agar anda aman dari sanksi keterlambatan, maka ada baiknya untuk mengikuti cara bayar BPJS berikut yang pasti tidak ribet:

1. Cara Bayar BPJS via ATM

Bagi pemiliki rekening bank, memabyar BPJS kesehatan akan lebih mudah dilakukan sendiri dengan mengunjungi lokasi mesin ATM terdekat tanpa perlu ke Kantor BPJS. Untuk proses pembayaran dengan ATM anda membutuhkan kode berikut yakni BRI dan BNI (88888), dan Mandiri (89999). Kode tersebut harus dikombinasikan dengan 11 digit angka terakhir dari kartu BPJS anda (menghilangkan 2 angka nol depan).

Cara Bayar BPJS Kesehatan via Bank BRI
Cara Bayar BPJS Kesehatan via Bank BRI

Untuk proses pembayaran, secara garis besar ketiga jenis bank tersebut mempunyai kesamaan. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Masukkan kartu ATM pada mesin ATM
  • Pilih bahasa yang akan anda gunakan
  • Pilih menu “Bayar/Beli” untuk Mandiri sedangkan untuk BRI dan BNI biasanya “Transaksi/PaketTtunai”
  • Pada menu selanjutnya pilih “lainnya”
  • Pilih menu BPJS sesuai status kepesertaan anda
  • Masukkan nomor kode bank masing-masing untuk pembayaran BPJS ditambahkan dengan 11 angka terakhir kartu BPJS
  • Lakukan pengecekan pada data yang ditampilkan apakah telah sesuai
  • Masukkan berapa nominal yang akan dibayar sesuai dengan jumlah bulan
  • Anda akan dimintai konfirmasi pembayaran, jika benar tekan “YA” dan proses selesai.

Jangan lewatkan juga: Cara Cek tagihan BPJS Kesehatan Secara Online dan Via Sms

2. Cara Bayar BPJS Via Mini market

Pembayaran melalui minimarket seperti Indomaret dan Alfamart juga tak kalah mudah jika dibandingkan dengan menggunakan ATM, terlebih bagi masyarakat yang hingga saat ini belum memiliki rekening bank sendiri. Untuk melakukannya anda cukup datang ke mini market yang banyak tersebar hingga kota kecil sekalipun.

Sebelum pergi membayar, pastikan anda membawa kartu BPJS atau paling tidak memiliki catatan terkait nomor kepesertaan anda.

  • Datang ke mini market terdekat dan langsung saja pergi ke bagian kasir.
  • Informasikan tentang kepentingan anda untuk membayar BPJS, maka anda akan dimintai nomor BPJS yang akan dibayarkan iurannya.
  • Pastikan data yang disebutkan cocok dengan akun BPJS anda, setelah sesuai lakukan pembayaran sejumlah yang disebutkan.

Cara bayar BPJS Kesehatan melalui mini market terdekat biasanya akan dikenakan tarif tambahan untuk biaya transaksi sejumlah Rp.2.500,- saja.

3. Cara Bayar BPJS via Online Shop

Satu lagi yang jadi gebrakan baru pihak BPJS kesehatan dalam meningkatkan pelayanan agar semakin banyak menjangkau dan dekat dengan masyarakat yakni dengan membuka jalinan kerjasama dengan berbagai online shop besar di Indonesia. Beberapa nama besar seperti BukaLapak, Tokopedia, hingga Matahari Mall.

Untuk cara bayar BPJS dengan menggunakan online shop, anda bisa mengunduh aplikasinya atau langsung mengunjungi website dari OL shop terkait. Login menggunakan akun anda, jika belum mempunyai anda bisa melakukan registrasi untuk membuat akun terlebih dahulu.

Jika sudah selesai , pilih menu pembayaran BPJS yang ada. Anda akan diminta untuk memasukkan nomor akun BPJS dan juga berapa jumlah iuran yang akan anda bayarkan. Klik bayar dan ikuti proses pembayaran selanjutnya.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Kini kita tidak perlu lagi ribet atau kebingungan dengan metode cara pembayaran BPJS Kesehatan. Tinggal kita saja yang pilih, mau dengan cara apa?

Demikianlah ulasan singkat dari kami mengenai Cara Bayar BPJS Kesehatan yang mempermudah peserta, semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: Panduan Cara Membuat BPJS Kesehatan Secara Online dan Offline

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *