3 Alternatif Cara Bikin BPJS Yang Tidak Perlu Ribet

Cara Bikin BPJS Kesehatan – Seiring berjalannya waktu, berbagai hal terkait biaya hidup semakin tinggi, mulai dari kebutuhan pokok hingga biaya kesehatan jika terserang penyakit.

Mungkin kita tak pernah tahu kapan akan sakit, namun akan lebih bijak jika melakukan tindakan persiapan dari awal, salah satunya dengan mengikuti program jaminan sosial dan kesehatan dari pemerintah, BPJS. Selain biaya yang telah disesuaikan untuk berbagai golongan masyarakat, cara bikin BPJS juga lumayan mudah dan praktis.

Mudah dan praktisnya pembuatan BPJS memang sengaja dilakukan oleh pihak BPJS demi meningkatkan antusiasme dan animo masyarakat agar lebih sadar akan pentingnya berjaga-jaga sejak awal untuk biaya kesehatannya.

Cara Bikin BPJS Kesehatan
Cara Bikin BPJS Kesehatan

Alternatif Cara Bikin BPJS Yang Tidak Perlu Ribet

Hingga saat ini sendiri, pihak BPJS telah banyak memberi cara alternatif, mulai dari cara konvensional hingga online agar calon peserta tidak kesulitan dan kerepotan. Bagi anda yang ingin mengikuti kepesertaan BPJS secara mandiri (individu dan keluarga), beberapa cara bikin BPJS ini bisa jadi alternatif.

Melalui kantor BPJS terdekat

Bisa dikatakan cara ini merupakan cara paling mudah untuk dilakukan, terutama para calon peserta yang belum akrab dengan penggunaan internet. Tak memerlukan perangkat apapun untuk melakukan pendaftaran ini, cukup mempersiapkan berbagai keperluan terkait dokumen yang bersangkutan.

  • KTP dan KK, serta fotokopiannya
  • Pas foto berwarna masing-masing keluarga 3×4 sebanyak 1 lembar
  • Foto kopian buku rekening bank yang digunakan jika memiliki

Setelah semua persyaratan dilengkapi, anda bisa membawa semua berkas menuju kantor BPJS kesehatan yang dekat dengan lokasi anda. Isi formulir pendaftaran yang disediakan di kantor tersebut sesuai dengan data anda dan keluarga. Tunggu hingga mendapat panggilan dari loket dan setelah diberikan virtual account untuk media pembayaran tagihan pertama. Lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang diperintahkan dan kartu BPJS anda telah bisa dicetak.

Via website resmi

Bagi yang ingin terhindar dari antrian panjang dan harus nunggu berjam-jam untuk menunggu giliran dipanggil, anda bisa mencoba cara bikin BPJS melalui situs resmi yang disediakan sejak awal kemunculannya.

  • Kunjungi laman resmi dari BPJS kesehatan di bpjs-kesehatan.go.id atau bisa juga langsung ke https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-online/
  • Anda akan dibawa menuju laman syarat dan ketentuan yang berlaku. Baca dan pahami semuanya, setelah selesai centang pernyataan bahwa anda telah menyetujui syarat dan ketentuan pada bagian pojok kiri bawah. Klik lanjutkan untuk proses berikutnya.
  • Di laman lanjutan ini, anda akan diminta untuk menentukan kepesertaan anggota anda. Pilih jenis kepesertaan yakni Pekerja Bukan Penerima Upah atau Bukan Pekerja, masing-masing jenis akan muncul keterangannya di kolom bawahnya.
  • Centang pernyataan anda bersedia mendaftarkan diri beserta anggota keluarga.
  • Masukkan nomor KK yang dimiliki dan isi captcha dengan benar. Lalu klik Inquery Kartu Keluarga. Sistem akan secara otomatis melakukan pemanggilan data berdasarkan data yang ada di Dukcapil. Klik proses selanjutnya.
  • Pada laman selanjutnya ini, anda akan diminta untuk melakukan pengisian data untuk semua anggota keluarga yang akan anda daftarkan, nomor rekening calon peserta, dan email aktif untuk verifikasi.
  • Sistem BPJS akan mengirimkan email notifikasi untuk pengaktifan status kepesertaan. Klik lin tersebut.
  • Laman selanjutnya untuk aktivasi BPJS. Isi semua data yang diperlukan, captcha, lalu tekan aktivasi. Anda selanjutnya akan menerima instruksi proses pembayaran berupa file PDF.
  • Setelah tagihan pertama dibayarkan, anda dapat cek email yang berisi e-ID yang dapat dicetak sendiri.

Via aplikasi JKN-Mobile

Selain dua cara bikin BPJS di atas, pembuatan BPJS juga dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi JKN-Mobile dari BPJS. Cukup ikuti instruksi yang tertera dan pilih opsi peserta baru, untuk pengguna yang belum memiliki kepesertaan BPJS.

Simak juga: Daftar Syarat Buat BPJS Kesehatan Berdasarkan Golongan Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *