Takut Pembayaran Telat? Cek Iuran BPJS Kesehatan Dengan Cara Ini!

Cek Iuran BPJS Kesehatan – Memperoleh jaminan sosial saat ini merupakan salah satu hal yang tak dapat dianggap sebelah mata. Tingginya biaya hidup dan kesehatan membuat berbagai resiko terkait gangguan kesehatan dan keselamatan kerja menjadi hal yang perlu selalu diwaspadai dengan melakukan tindakan preventif, salah satunya ikut jadi peserta BPJS.

Selain mengurangi resiko pembengkakan biaya kesehatan, anda juga mendapat bermacam pelayanan yang dimudahkan, terutama layanan untuk cek iuran BPJS kesehatan.

Seperti yang khalayak umum ketahui jika setiap tanggal 10 untuk tiap bulan merupakan jangka waktu keterlambatan maksimal yang ditentukan pihak BPJS. Oleh karenanya melakukan cek pada tagihan anda merupakan hal yang diperlukan agar tidak terjadi keterlambatan pembayaran iuran yang acapkali diakibatkan karena lupa.

Memang tak semua kasus keterlambatan akan dikenakan denda, kecuali untuk keterlambatan dalam masa rawat inap. Namun, tak ada yang tahu bukan, kapan kita atau anggota keluarga sakit dan membutuhkan perawatan intensif dengan opname. Karena itulah melakukan pengecekan iuran BPJS anda tak bisa dianggap remeh begitu saja.

Simak juga: Cara Membuat BPJS Kesehatan Secara Online dan Offline

Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan

Kali ini Info BPJS Online akan berbagi informasi cara cek iuran BPJS Kesehatan yang bisa anda lakukan dengan mudah. Berikut ini diantaranya:

Cek Iuran Langsung Melalui Website

Jika kebetulan anda tidak ingat kapan terakhir membayar iuran BPJS kesehatan atau berapa jumlah tagihan yang mesti dibayarkan pada bulan ini, anda dapat melakukan cek iuran BPJS kesehatan dengan mengakses langsung situs resminya. Untuk dapat mengaksesnya, pastikan koneksi yang anda gunakan dalam keadaan baik dan stabil.

Cara cek iuran BPJS kesehatan
Cara cek iuran BPJS kesehatan

Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Buka browser lalu akses website BPJS di www.bpjs-kesehatan.go.id
  2. Pada halaman beranda, akan muncul berbagai opsi. Pilih cek iuran yang berada pada panel biru sebelah kanan layar (jika menggunakan pc/laptop)
  3. Setelah anda masuk pada jendela aplikasi yang akan menampilkan data tagihan, namun sebelumnya masukkan semua informasi terkait data kepesertaan pada kolom yang tersedia, yakni nomor virtual account BPJS kesehatan, tanggal lahir, dan juga sistem verifikasi angka validasi dengan benar sesuai dengan angka yang ditampilkan.
  4. Sistem akan melakukan pengecekan data dan melakukan panggilan pada data yang terkait akun BPJS anda. Data yang dimunculkan akan memperlihatkan seluruh anggota keluarga yang terkait dalam 1 KK, jumlah tagihan iuran masing-masing, dan tanggal pembayaran paling lambat.

Cek iuran BPJS kesehatan dengan aplikasi Jkn Mobile

Bagi peserta BPJS kesehatan sekaligus pengguna smartphone Android atau iOS, kini anda bisa melakukan cek dengan mudah langsung melalui aplikasi resmi BPJS kesehatan yakni JKN mobile. Fitur yang diberikan sangat lengkap dan update, dengan dua penambahan fitur Care Center dan Mobile Screening pada tahun ini. Untuk cara melakukan cek tagihan BPJS dengan aplikasi tersebut, berikut langkahnya.

  1. Unduh aplikasi JKN-Mobile di Play Store
  2. Setelah ter-install, buka aplikasi dan isi formulir pendaftaran. Ada dua pilihan yang tersedia, yakni bagi yang baru atau belum menjadi anggota BPJS dan yang sudah menjadi anggota BPJS. Pilih sesuai dengan status kepesertaan anda saat ini.
  3. Jika formulir sudah diisi dengan benar dan tak ada kesalahan, aplikasi akan mengirimkan notifikasi pada email yang anda gunakan untuk mendaftar untuk melakukan verifikasi pendaftaran tahap selanjutnya.
  4. Silahkan cek email anda dan buka email konfirmasi dari admin BPJS untuk mendapatkan kode verifikasi.
  5. Salin kode yang anda dapat dari email tadi pada kolom verifikasi pendaftaran di aplikasi.
  6. Apabila verifikasi berjalan sukses, akan ada laman utama dengan beberapa pilihan menu.
  7. Untuk melakukan cek iuran BPJS kesehatan anda pilih menu Iuran pada menu yang tersedia di landing page aplikasi ini.

Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan dengan Layanan SMS

Selain melalui web dan aplikasi JKN. Anda juga bisa melakukan sendiri pengecekkan iuran BPJS Kesehatan dengan menggunakan layanan layanan sms gateway. Cara ini terbilang cepat dan sederhanan, anda tidak mesti menggunakan HP yang canggih untuk menggunakan fitur layanan SMS gateway ini.

Namun, untuk bisa menikmati layanan ini, anda harus mengetahui Nomor kartu BPJS anda dan juga anda membawa perangkat mobile anda (hp atau smartphone).

SMS Gateway adalah layanan informasi dua arah yang disampaikan melalui pesan singkat menggunakan sistem informasi. Layanan SMS Gateway diakses melalui nomor jaringan tertentu.

Untuk Informasi yang berkaitan dengan BPJS, SMS gateway dapat dikirim melalui SMS ke nomor 08777-5500-400 dengan format tertentu.

Untuk formatnya, berikut ini format serta jenis layanan yang bisa anda dapatkan:

a. Mengecek Jumlah tagihan BPJS
Pertama untuk mengetahui jumlah tagihan BPJS anda. Silahkan ikuti panduannya berikut ini:

TAGIHAN<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATANContoh       : TAGIHAN0001260979209
Kirim ke      : 087775500400

b.Mengecek Informasi data kepesertaan

Anda juga bisa melakukan kroscek informasi kepesertaan atau informasi fasilitas kesehatan (fakses tk 1) yang dimiliki setiap peserta dapat menggunakan format SMS di bawah ini:

Bisa menggunakan no KTP:

NIK<spasi>NOMOR INDUK KEPENDUDUKANContoh       : NIK 357303030987
Kirim ke      : 087775500400

Atau bisa juga menggunakan No Kartu BPJS

NOKA<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATANContoh       : NOKA 0001260979209
Kirim ke      : 087775500400

Atau menggunakan Nomor Induk Pegawai (NIP):

NIP<spasi>NOMOR INDUK PEGAWAIContoh       : NIP 1962061119880001009
Kirim ke     : 087775500400

Cara cek iuran BPJS dengan mesin ATM

Cara berikutnya ntuk mengecek iuran BPJS Kesehatan anda adalah dengan menggunakan layanan mesin ATM berbagai Bank. Anda bisa menggunakan mesin ATM Bank BRI, BRI atau Mandiri. Pihak BPJS memang sudah lama melakukan kerjasama dengan pihak Bank untuk pembayaran dan pengecekkan iuran BPJS anda.

Untuk info lebih lanjut silahkan cek pada artikel: Cara Bayar BPJS Kini Semakin Banyak dan Mudah

Bagaimana? Tidak sulit bukan? Kini anda sudah melakukan pengecekan sendiri aku BPJS anda. Jadi tidak perlu cemas terlambat atau terjadi kesalahan.

Demikianlah ulasan ringkas dari kami tentang cara cek iuran BPJS Kesehatan yang bisa anda lakukan sendiri. Semoga bermanfaat ya. Jangan lewatkan juga: Cara Mudah Melakukan Cek Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *