Panduan Cara Mudah Cek Pembayaran BPJS Step by Step!

Cek Pembayaran BPJS – Sebagai peserta BPJS kesehatan, mendapatkan jaminan dan terhindar dari berbagai beban jika terjadi resiko kecelakaan kerja atau sakit merupakan hak yang bisa dapatkan. Akan tetapi masih banyak juga peserta yang menginginkan haknya namun lupa untuk memenuhi keajibannya yakni kerap menunggak karena lupa kapan terakhir bayar atau berapa jumlah tagihan.

Untuk meminimalisir hal tersebut, ada baiknya untuk secara berkala melakukan cek pembayaran BPJS kesehatan yang anda miliki.

cek pembayaran BPJS
Cek Pembayaran BPJS

Lantas apa sanksi untuk keterlambatan pembayaran BPJS?

Sanksi keterlambatan dalam pembayaran BPJS sendiri secara umum ada dua yakni status kepesertaan yang akan di non-aktifkan untuk sementara dan denda. Status kepesertaan anggota BPJS dapat kembali aktif seusai semua total biaya tagihan dilunasi beserta dengan tagihan pada bulan yang sedang berjalan. Kartu langsung dapat dipergunakan kembali untuk menerima pengobatan di faskes yang telah ditentukan sebelumnya.

Sementara untuk denda atau charge tambahan akan dibebankan pada peserta yang menunggak pembayaran BPJS saat menjalani perawatan inap di rumah sakit atau sebelum 45 hari dari masa diaktifkannya kartu dari tunggakan. Jadi kartu yang telah aktif kembali usai menunggak, tak akan langsung dapat digunakan untuk melakukan perawatan inap kecuali sudah lewat dari 45 hari dari masa pengaktifan.

Berdasarkan regulasi BPJS yang baru, denda yang semula sebesar 2% naik menjadi sebesar 2,5%. Perhitungan denda yang harus dibayarkan sendiri yakni “2,5% x jumlah total biaya perawatan hingga sembuh x lama bulan menunggak”. Jumlah tersebut belum termasuk dengan besarnya tunggakan yang harus dibayarkan.

Cara Mudah Cek Pembayaran BPJS Kesehatan

Demi terhindar dari berbagai beban ke depannya nanti saat kartu digunakan sewaktu-waktu, maka melakukan cek pembayaran BPJS tepat pada waktunya sangat diperlukan. Anda bisa melakukan cek terhadap pembayaran iuran yang telah dilakukan sebelumnya dan total biaya tagihan secara online ataupun melalui sms langsung. Berikut ini Info BPJS Online bagikan tipsnya untuk anda:

  • Online

Untuk melakukan cek pembayaran dan tagihan BPJS secara online ada dua pilihan yang dapat digunakan, pertama dengan mengakses situs resminya langsung dan kedua menggunakan aplikasi untuk smartphone JKN-mobile yang disediakan oleh pihak BPJS kesehatan.

Untuk melakukan pengecekan melalui situs reseminya, anda bisa mengunjunginya di https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/. Setelah masuk ke laman yang ada, masukkan berbagai data yang diperlukan seperti nomor kartu BPJS yang anda miliki dan tanggal lahir. Jangan lupa untuk memasukkan angka validasi yang tertera dengan sesuai dan benar. Terakhir, klik cek.

Sementara untuk yang menginginkan proses pengecekan yang lebih simpel jika digunakan sewaktu-waktu bisa menggunakan aplikasi JKN-mobile yang disediakan. Aplikasinya tersedia dan langsung dapat anda unduh di Plays Store dari smartphone anda. Ikuti langkah pendaftaran dan pilih sebagai peserta baru yang belum memiliki kartu atau peserta sudah mengantongi kartu keanggotaan BPJS. Ikuti proses yang ada dan jika sudah selesai maka beranda akan terbuka. Langkah terakhir klik peserta untuk melihat status tagihan.

  • SMS

Jika kedua cara di atas hanya dapat dilakukan oleh peserta yang telah mendapat dukungan akses internet diperangkatnya, cek pembayaran BPJS dan tagihannya ini lebih banyak bisa menjangkau karena bisa digunakan diberbagai jenis hp meski bukan smartphone. Caranya cukup mudah yakni dengan mengetikan format sms seperti yang telah ditentukan dan mengirimkannya pada nomor penerima SMS Gateway pihak BPJS. Untuk formatnya sendiri sebagai berikut.

Ketikan format sms berikut pada pesan baru, TAGIHAN <spasi> Nomor BPJS Milik Anda (13 digit). Contoh: “TAGIHAN 0009373846357”, lalu kirimkan ke nomor 08777-5500-400.

Bagaimana? Sangat mudah sekali bukan? Kini kita tidak perlu khawatir lagi terlambat untuk membayar tagihan perbulannya, karena kita sudah bisa mengecek sendiri tagihan BPJS kita, bahkan dari rumah.

Demikianlah ulasan ringkas tentang cara cek pembayaran BPJS Kesehatan dari kami, semoga bermanfaat untuk pembaca yang budiman sekalian. Info selengkapnya silahkan simak: Cek Iuran BPJS Kesehatan Dengan Cara Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *