Bagaimana Cara Daftar dan Apa Syarat BPJS Kesehatan Online?

BPJS Kesehatan Online – Perkembangan teknologi memberikan beberapa dampak positif dan dampak negatif. Semua itu tergantung bagaimana cara kita menyikapi perkembangan teknologi, tujuan dibentuknya teknologi yang pasti sebagai sarana informasi dan komunikasi seperti BPJS Kesehatan online.

Lembaga pemerintah yang satu ini bertujuan membantu seluruh rakyat indonesia kurang mampu dalam bidang kesehatan, BPJS kesehatan awalnya hanya tersedia secara offline karena teknologi BPJS Kesehatan tersedia secara offline saja. BPJS Kesehatan online dapat memudahkan masyarakat mendaftar, mencari informasi, serta dapat mengecek tagihan yang harus dibayar.

Sebelum BPJS Kesehatan online terbentuk nama dari lembaga kesehatan kita adalah AKSES (asuransi kesehatan) yang memiliki program kerja hampir sama. Pemerintah mewajibkan seluruh warga negara indonesia maupun warga negara asing yang tinggal di Indonesia lebih dari 6 bulan untuk mendaftarkan diri dalam BPJS Kesehatan online.

BPJS Kesehatan Online
BPJS Kesehatan Online

Jika anda masih merasa bingung apa itu BPJS Kesehatan Online dan apa saja sih persyaratan untuk mendaftar BPJS Kesehatan online, dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai BPJS Kesehatan online secara detail dan lengkap.

Cara daftar BPJS Kesehatan online 

Berikut ini panduan cara daftar BPJS Online yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja selama ada koneksi internet:

  1. Pertama anda hanya perlu menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti KTP, KK, Kartu NPWP, dan alamat email/nomor telepon
  2. Setelah dokumennya siap anda hanya perlu mengunjugi situs bpjs-kesehatan.go.id melalui komputer/smartphone masing-masing.
  3. Selanjutnya anda akan disuruh mengisi data yang sudah disiapkan oleh pihak BPJS Kesehatan dan memilih kelas sesuai minat masing-masing baik kelas 1, kelas 2 dan kelas 3 karena setiap kelas membayar uang Iuran yang berbeda tentu fasilitas yang diberikan juga berbeda
  4. Berikutnya cek semua data diri anda jika merasa ada yang salah langsung perbaik, jika sudah beres semua silahkan untuk menyimpan data anda.
  5. Setelah data tersimpan anda akan diberikan informasi mengenai Virtual Anccount yang berfungsi untuk melakukan pembayaran ke Bank BNI, BRI dan mandiri
  6. Silahkan untuk membayar uang Iuran awal sesuai dengan jumlahnya
  7. Setelah semua selesai anda bisa langsung print kartu tanda peserta BPJS Kesehatan

Syarat-syarat sebelum mendaftar BPJS Kesehatan online 

Berikut ini beberapa persyaratan yang harus ada:

  1. Diwajibkan untuk seluruh peserta BPJS Kesehatan memilik umur yang dianggap sah secara hukum agar dapat melaksanakan ketentuan dari lembaga BPJS Kesehatan
  2. Selanjutnya anda harus mengisi semua data yang diperlukan secara benar serta dapat bertanggung jawab
  3. Berikut anda bisa mendaftarkan diri beserta semua keluarga terkait ke BPJS Kesehatan
  4. Dapat membayar iuran perbulan yang dibayar paling lambat tanggal 10
  5. Setiap ada perubahan anggotan seperti penambahan jumlah keluarga, perubahan fasilitas( kelas) harus dilaporkan kepada BPJS Kesehatan
  6. Selanjutnya anda harus menjaga kartu anggota BPJS Kesehatan agar tidak rusak maupun hilang
  7. Jika kartu anggotan(ID) hilang segara melapor kepada pihak BPJS Kesehatan
  8. Berikutnya saat proses pendaftaran anda akan diberi waktu kurang dari 30 hari untuk melakukan pembayar Iuran awal, jika pembayar belum dilakukan setelah 30 hari pendaftaran maka andan akan diwajibkan mengisi data diri ulang
  9. Anda akan diwajibkan untuk mencetak kartu ID peserta BPJS Kesehatan
  10. Saat terjadi perubahan susunan keluarga seperti penambahan jumlah keluarga anda diwajibkan untuk melapor di kantor cabang BPJS Kesehatan.

Masalah Saat Mengisi Data Secara Online

Berikut ini beberapa masalah saat mengisi data diri BPJS Kesehatan online :

1. Emali konfirmasi gagal masuk

Jika anda tidak menerima email dari pihak BPJS Kesehatan online, tentu anda tidak bisa melanjutkan ke proses pendaftaran. Karena pada proses ini anda diwajibkan untuk mengkonfirmasi email agar mendapatkan EID sebagai sarana pembayaran awal.

Biasanya masalah ini terjadi karena beberapa hal diantaranya email salah terkirim, terdapat keselahan menulis tujuan pengiriman besar kecilnya huruf.

Namun masih ada beberapa calon peserta BPJS Kesehatan online sudah mengirim alamat tujuan secara tapi tidak mendapat email konfirmasi dari pihak BPJS, hal perlu anda lakukan coba mengecek folder spam karena kemungkinan pesan dianggap sebagai sampah/spam provider.

2. KK tidak terbaca

Saat pihak BPJS Kesehatan online mengecek nomor KK anda, namun nomor KK tidak ditemukan. Usahakan untuk mengecek apakah nomor KK anda sudah terdaftar pada pusat koordinasi didaerah kependudukan setempat karena program BPJS Kesehatan menggunakan DISDUKCAPIL.

3. Salah memilih fasilitas kesehatan

Usahakan untuk memilih faskes/fasilitas kesehatan seperti kelas, dokter praktek, serta rumah sakit maupun puskesmas terdekat dari rumah anda, supaya tidak memakan waktu lama. Karena jika anda memilih faskes secara asal akan sulit melakukan perubahannya jadi saran kami pilih fakses/fasilitas kesehatan secara tepat.

4. Terjadi kesalahan upload data

Masalah berikutnya adalah terjadi kesalahan upload data, anda bisa mengecek jaringan internet apakah stabil atau tidak. Pasti jaringan internet anda stabil sebelum upload data karena percuma jika jaringan internet tidak stabil akan gagal upload data.

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan online

Dalam proses pengecekan tagihan BPJS Kesehatan online dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya sebagai berikut :

1. Cara cek tagihan melalui web resmi

Cara pertama ini merupakan salah satu cara termudah karena anda hanya perlu mengunjungi situs resmi dari BPJS Kesehatan, yakni bpjs-kesehatan.go.id berikut ini beberapa langkah yang perlu anda ikuti :

  • Pertama anda hanya perlu mengunjungi situs resmi BPJS Kesehatan online setelah masuk klik menu “Cek Pembayaran Iuran”
  • Setelah tahap diatas selesai, anda akan disuruh memasukkan Nomor kartu serta tanggal lahir yang tercantum pada kartu BPJS Kesehatan anda.
  • Terakhir anda hanya harus klik “Cek” rincian pembayaran maka akan muncul rincian pembayaran secara lengkap

2. Cara cek tagihan melalui sms Gateway

Bukan hanya melalui internet, anda juga bisa cek tagihan bulanan melalui sms Gateway di nomor 0877 5500 400 tujuan dibentuknya sistem ini agar memudahkan anda dalam proses pengecekan dan mencari informasi dari lembaga BPJS Kesehatan

Contoh cek tagihan melalui SMS Gateway

 Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS

Contoh: Tagihan 0000123456789

Kirim ke 087775500400

Cara Membayar Iuran BPJS Kesehatan

Berikut ini cara melakukan pembayaran uang iuran BPJS Kesehatan:

1. Kantor BPJS Kesehatan

Cara pembayaran uang iuran dapat melalui kantor BPJS kesehatan, anda hanya perlu datang ke kantor tersebut dengan membawa uang yang sesuai dengan kelas pilihan anda .

2. ATM BRI, BNI, atau Bank Mandiri

Cara selanjutnya melalui ATM BRI,BNI dan mandiri karena pihak BPJS Kesehatan online melakukan kerjasama dengan tiga bank tersebut. Keuntungan membayar dengan ATM yaitu lebih mudah, lebih cepat karena anda tidak perlu mengantri.

3. Kantor Pos

Selanjutnya melalui kantor pos, tentu tidak semua peserta BPJS Kesehatan online di daerahnya memiliki kantor BPJS Kesehatan ataupun bank-bank yang bekerja sama. Oleh karena pembayaran melalui kantor bisa menjadi salah satu saran pengiriman uang yang cocok bagi masyarakat pedesaan.

Demikian informasi mengenai BPJS Kesehatan online dari kami, semoga bisa menambah pengetahuan anda tentang apa itu BPJS, cara daftar BPJS, syarat BPJS, cara cek tagihan, cara pembayaran. Terima kasih. Simak juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online dan Offline

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *