Panduan Cara Membuat BPJS Kesehatan Secara Online dan Offline

Cara Membuat BPJS – Asuransi kesehatan memang bukanlah hal yang baru lagi. Banyak perusahaan yang menyediakan jasa tersebut, salah satunya BPJS kesehatan yang merupakan pihak asuransi dibawah naungan pemerintah.

Kelebihan asuransi kesehatan yang disediakan oleh BPJS diantaranya memiliki rentang premi atau iuran yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia, mulai dari kelas bawah hingga atas. Selain itu, bagi masyarakat yang belum meiliki kepesertaan, cara membuat BPJS untuk saat ini sangat dimudahkan baik dari segi jangkauan hingga metodenya.

Secara garis besar, membuat kepesertaan BPJS kesehatan ini dapat dilakukan melalui dua cara yang dapat dipilih, yakni offline dan online. Masing-masing cara atau metode tersebut pasti dibarengi dengan kemudahan dan kesulitan masing-masing sehingga bisa menyesuaikan kemampuan dan kapasitas calon pendaftar.

Nah, kali ini Info BPJS Online akan memberikan sedikit panduan kepada anda yang ingin tergabung menjadi peserta BPJS Kesehatan. Berikut ini 2 cara mendaftar BPJS Kesehatan yang bisa anda lakukan:

1. Cara Membuat BPJS Kesehatan offline

Bagi anda calon peserta yang masih awam dengan internet atau kurang paham, cara membuat BPJS kesehatan dengan offline nampaknya akan lebih bijak. Proses dari pembuatan BPJS secara offline bisa dilakukan oleh siapa saja baik secara pribadi ataupun kolektif bersama dengan datang langsung ke kantor BPJS dekat lokasi.

Dari segi kekurangan mungkin hanya efisiensi waktu saja. Anda mungkin akan berlama-lama dalam daftar antrian dan harus datang ke kantor BPJS serta Bank untuk melakukan pembayaran pertama.

cara membuat bpjs
Cara membuat BPJS Kesehatan

Persiapan yang Harus Dilakukan

Sebelum membuat BPJS dengan datang langsung ke kantornya, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

  1. Fotokopi kartu identitas diri yang masih aktif (bisa KTP, SIM, atau Paspor)
  2. Fotokopi KK
  3. Fotokopi buku tabungan (bisa pinjam orang yang telah dipercayai) untuk pembayaran tagihan pertama (sifatnya opsional). Jika tidak ada buku tabungan calon peserta bisa melakukan pembayaran menggunakan metode lain
  4. Foto berwarna berukuran 3×4, 2 lembar

Cara membuat BPJS selanjutnya setelah dokumen lengkap, anda bisa langsung menuju kantor BPJS yang paling dekat dengan lokasi anda untuk proses pembuatannya.

  1. Isi formulir pendaftaran yang tersedia di kantor BPJS tersebut sesuai dengan data yang ada, jangan sampai salah. Dan pastikan kelas yang dipilih sesuai dengan kemapuan finansial. Kesalahan dapat menimbulkan masalah untuk kedepannya.
  2. Setelah proses pengisian formulir selesai dilakukan, anda akan mendapat akun virtual yang bisa digunakan untuk media pembayaran hingga klaim.
  3. Setelah itu anda akan diminta untuk melunasi pembayaran pertama melalui bank atau metode lainnya guna mendapatkan kartu BPJS.

2. Cara Membuat BPJS Kesehatan online

Bagi calon peserta yang mahir dan paham akan penggunaan internet, membuat BPJS kesehatan secara online bisa memberikan kemudahan lebih. Anda tak perlu repot meluangkan waktu untuk pergi ke kantor BPJS, cukup lewat melalui komputer atau smartphone yang dimiliki.

  • Menggunakan laptop/komputer

Pembuatan BPJS di komputer secara online dilakukan dengan cara mengunjungi situs resmi www.bpjs-kesehatan.go.id. Pilih menu pendaftaran dan lakukan semua instruksi yang diperintahkan. Berkas yang diperlukan bisa di scan atau scan foto agar bisa digunakan untuk pendaftaran online. Jangan lupa juga nomor telepon dan email aktif, itu syarat yang penting.

  • Menggunakan smartphone

Semenjak kemunculannya, pihak BPJS telah mengoptimalkan pelayanan online yang dimilikinya. Yang terbaru adalah JKN-Mobile. Aplikasi resmi dari BPJS ini mampu memberikan semua pelayanan BPJS dari mulai proses pembuatan hingga pengecekan hanya dalam genggaman.

Untuk dapat menggunakannya anda cukup mengunduh aplikasi JKN-Mobile langsung melalui perangkat Android atau iOS. Saat membuka aplikasi untuk pertama kali, akan mucul dua opsi yakni mendaftar sebagai orang yang telah memiliki kartu BPJS atau orang baru yang belum memiliki BPJS. Cara membuat BPJS untuk orang baru dengan memilih opsi “Pendaftaran Peserta Baru” dan selesaikan instruksi yang ada.

Bagaimana, sudah cukup jelas bukan? Simak juga: Cara Cek tagihan BPJS Kesehatan Secara Online dan Via Sms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *