Opsi Cara Pembayaran BPJS Kesehatan untuk Anda

Cara Pembayaran BPJS – Meskipun telah mulai beroperasi sejak beberapa tahun silam, tak bisa dipungkiri jika masih banyak pihak yang belum paham betul mengenai cara pembayaran BPJS mereka, terlebih untuk para calon peserta yang ingin mendaftarkan diri sebagai anggota BPJS.

Pentingnya informasi akan cara pembayaran ini nantinya akan membuat peserta lebih mudah melakukan proses pembayaran iuran dan menghindarkan dari keterlambatan pembayaran yang memiliki resiko dan sanksi tersendiri.

Apa yang terjadi jika melakukan keterlambatan pembayaran BPJS?

Untuk keterlambatan pembayaran BPJS, denda yang diberikan tergantung dari jenis kepesertaan, mandiri dan pekerja. Bagi yang memiliki kepesertaan BPJS perorangan atau keluarga, paling lambat melakukan pembayaran pada tanggal 10 untuk tiap bulannya, jika melebihi batas waktu tersebut kartu akan tidak aktif untuk sementara hingga peserta melunasi tagihan.

Untuk sanksi berupa denda tak akan dikenakan pada peserta jalur mandiri terkecuali tunggakan terjadi ketika sedang dalam masa perawatan inap.

Sementara untuk peserta yang merupakan pekerja penerima upah, keterlambatan pembayaran BPJS akan mengakibatkan denda sebesar 2% tiap bulannya. Mengingat pembayaran dilakukan oleh pihak perusahaan, maka peserta harus mengkonsultasikan dengan pihak yang berwenang jika terjadi keterlambatan agar tidak terjadi di bulan berikutnya.

Cara Pembayaran BPJS

Berikut ini Info BPJS Online bagikan beberapa opsi cara pembayaran BPJS yang bisa anda lakukan:

  • Melalui ATM

Bagi para peserta yang memiliki rekening Bank di bank yang menjalin kerjasama dengan BPJS (BRI, BNI, dan Mandiri), cara pembayaran BPJS ini sangat mudah dan cocok dilakukan. Untuk proses pembayarannya anda dapat langsung mengujungi ATM terdekat. Pembayaran dengan cara ini bukanlah menggunakan metode transfer ke rekening BPJS, namun dengan opsi tersendiri yang tersedia untuk pembayaran berbagai layanan publik.

Cara Pembayaran BPJS Lewat Bank BRI
Cara Pembayaran BPJS Lewat Bank BRI
  • Melalui minimarket

Agar jangkauan BPJS lebih luas dan semakin memudahkan masyarakat yang menjadi peserta, BPJS juga menjalin kerjasama dengan pihak Alfamart dan Indomaret untuk melakukan pembayaran tagihan BPJS bagi peserta mandiri. Cara ini diharap lebih bisa menjangkau masyarakat karena lebih praktis tanpa perlu menggunakan nomor rekening, cukup dengan uang cash anda bisa melunasi pembayaran di minimarket terdekat.

  • Melalui aplikasi OL shop

Setelah sukses bekerjasama dengan minimarket, BPJS seperti ingin lebih dekat dan praktis dengan kerjasama yang dilakukan bersama toko online ternama di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, hingga MatahariMall.

Cara pembayaran BPJS melalui aplikasi toko online atau langsung menuju websitenya bisa dibilang sangat praktis, terlebih jika anda tidak ingin direpotkan untuk pergi keluar rumah. Cukup sediakan nomor kartu BPJS yang anda miliki dan media pembayaran seperti rekening atau kartu kredit, anda bisa melakukan pembayaran begitu mudah.

  • Melalui aplikasi BBM

Cara terakhir ini juga hampir mirip dengan cara ketiga, bedanya BBM hanya dapat diakses melalui aplikasi secara langsung dan tidak bisa melalui browser. Untuk melakukan pembayaran, terlebih dulu anda harus memiliki aplikasi BBM yang terinstal di smartphone anda. Jika belum ada, anda bisa mengunduhnya di App Store pada smartphone.

Selanjutnya buka aplikasi BBM dan pilih menu Discover yang ada option bar paling kanan. Langkah selanjutnya pilih menu Pulsa/PLN. Diantara empat pilihan yang muncul tersebut pilih Bayar BPJS kesehatan. Masukkan nomor hp dan kartu BPJS pada kolom yang disediakan untuk lanjut ke proses pembayaran.

Informasi biaya tagihan akan dimunculkan setelah anda melakukan input nomor kartu BPJS. jangan lupa juga masukkan alamat email yang anda gunakan untuk menerima email notifikasi pembayaran. Cara pembayaran BPJS tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit atau rekening bank.

Bagaimana? Sangat banyak sekali ternyata option metode pembayaran BPJS bukan? Kini anda tidak perlu bingung lagi bagaimana cara membayar BPJS, karena kami sudah menguraikannya kepada anda semua. Jangan lewatkan juga: Cara Cek tagihan BPJS Kesehatan Secara Online dan Via Sms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *