Fasilitas Kesehatan dan Tarif Iuran BPJS Kelas 1

Iuran BPJS Kelas 1 – Bagi anda yang dalam waktu dekat ingin mendaftar BPJS Kesehatan ada baiknya untuk mencermati kelas yang akan anda pilih. Hal ini nantinya akan sangat menentukan bagaimana pelayanan yang akan anda dapatkan nanti, terlebih jika anda berniat untuk mengambil keanggotaan BPJS kelas 1.

Memang semua pelayanan dan fasilitas akan mendapat banyak kelebihan namun itu juga diikuti dengan iuran BPJS kelas 1 yang lumayan tinggi. Jadi dengan kata lain harga berbicara.

Iuran BPJS Kelas 1
Tarif Iuran BPJS Kelas 1

Nah, untuk lebih memahami tentang BPJS kesehatan kelas pertama ini, semuanya akan kita kupas lengkap di sini.

Tarif Iuran BPJS Kelas 1

Berbarangan dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden No. 19 Tahun 2016 mengenai perubahan PP No.12 tahun 2013, saat ini tarif BPJS mengalami kenaikan untuk para peserta kelas 1 dan 2. Tarif iuran BPJS kelas 1 yang semula hanya sebesar IDR 59K secara resmi naik menjadi IDR 80K per tanggal 1 April 2016.

Artikel terkait: Cek Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Fasilitas Kesehatan BPJS Kelas 1

Dengan adanya kenaikan iuran BPJS kelas 1 terkait hal yang telah disinggung di atas, pelayanan BPJS kelas 1 juga akan mendapat pelayanan yang lebih berkualitas baik dan memuaskan. Jika anda hanya menjalani pengobatan rawat jalan maka fasilitas kesehatan kelas 1 ini tak begitu jauh berbeda dengan kelas di bawahnya. Namun untuk pengobatan yang membutuhkan perawatan inap atau opname, barulah akan ada perbedaan yang signifikan dari peserta kelas 2 dan 3.

Fasilitas kesehatan yang didapatkan peserta kelas 1 ini berupa keistemewaan dari kamar dan juga pelayanan rawat inap. Untuk kamar kelas 1, biasanya akan disediakan 2 hingga 4 tempat tidur dalam 1 ruangan bersama para peserta dari kelas satu lainnya. Pasien BPJS kelas 1 hanya akan mendapatkan perawatan dan fasilitas kamar yang lebih dibanding kelas lainnya namun untuk masalah obat tak akan ada perbedaan yang berarti.

Meningkatkan Kelas Perawatan

Jika peserta ingin meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas perawatan, para peserta kelas pertama dapat melakukan peningkatan dengan cara dipindahkan ke perawatan kamar VIP berdasarkan kondisi yang telah ditentukan.

Pada umumnya biaya yang harus dibayarkan untuk mendapatkan perawatan kelas VIP ini dihitung dengan dasar selisih biaya kamar kelas 1 dan kamar VIP (VIP – Kelas 1). Jadi peserta harus mengeluarkan biaya tambahan sejumlah selisih yang didapatkan tersebut.

Tarif Paket Perawatan INA-CBGS

Rumah sakit modern yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan pada umumnya memiliki suatu aplikasi INA-CBGS atau Indonesian Care Base Group. Jadi secara singkat aplikasi ini akan bertugas melakukan perhitungan biaya yang dibutuhkan pasien untuk bisa pulih dan sembuh. Besaran paket biayanya sendiri bervariasi tergantung jenis penyakit yang diderita pasien anggota BPJS.

Dalam kasus ini, kita ambil saja contoh pasien yang menderita thalassemia yang membutuhkan biaya perawatan hingga 3 juta sekali treatment untuk pulih. Jika didapati terdapat kelebihan biaya yang ada hingga pasien bisa sehat pulih, maka peserta diwajibkan untuk mengganti kekurangan yang ada nantinya.

Beberapa point di atas semoga menjadikan bahan pertimbangan anda dalam menentukan kelas, terutama untuk yang berniat memilih keanggotaan kelas pertama. Mengeluarkan biaya yang sedikit lebih untuk iuran BPJS kelas 1 jelas tak akan jadi masalah besar, bukan. Mengingat semua fasilitas yang nanti akan anda dapatkan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan lebih baik dengan tenaga medis yang cepat dan tanggap.

Baca juga: Syarat Pembuatan BPJS Berdasarkan Golongan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *