Metode Pembayaran BPJS Yang Mudah Mudah dan Simpel

Pembayaran BPJS – Jika saat ini anda telah bergabung menjadi peserta BPJS kesehatan, maka anda telah bersedia untuk melakukan pembayaran iuran atau tagihan BPJS setiap bulannya secara rutin. Tapi sebelum anda melakukan pembayaran BPJS, ada baiknya untuk melakukan cek besaran tagihan yang harus dibayarkan.

Untuk melakukan pengecekan tagihan tersebut, anda bisa melakukannya dengan cara yang lumayan praktis yakni dengan melalui situs atau sms.

pembayaran BPJS
Pembayaran BPJS
  • Masuk ke website resmi milik BPJS di bpjs-kesehatan.go.id, pilih menu pada panel sebelah kanan untuk cek iuran
  • Masukkan semua informasi yang diminta seperti nomor pada kartu BPJS, tanggal lahir anda, dan validasi angka yang ditampilkan.
  • Setelah semua terisi dengan benar, klik cek.
  • Semua informasi terkait data kepesertaan akan dimunculkan mulai dari nama anggota dalam satu keluarga hingga besaran tagihan yang perlu dibayarkan, serta denda jika sebelumnya anda melakukan keterlambatan.

Untuk yang menginginkan cara lebih praktis karena keterbatasan alat hanya menggunakan hp biasa, anda bisa melakukan cek dengan cara mengetikan TAGIHAN <spasi> Nomor dari kartu BPJS anda. Kirimkan sms tersebut ke nomor sms gateway BPJS di 087775500400. Sebagai contoh: TAGIHAN 0002648264876 lalu kirim ke nomor tersebut.

Metode Pembayaran BPJS Terbaru

Setelah anda melakukan cek dan mengetahui jumlah besaran dana yang diperlukan untuk membayar iuran, langkah selanjutnya yakni melakukan pembayaran BPJS baik secara online maupun offline. Untuk berbagai cara pembayaran tagihan BPJS secara praktis dan mudah berikut selengkapnya:

Pembayaran Melalui Bank

Bagi anda yang sudah memiliki rekening bank sendiri dan bisa menikmati berbagai akses kemudahan yang diberikan seperti internet banking, mobile banking, dan sms banking, anda dapat melakukan pembayaran melalui perangkat anda tanpa harus capek-capek pergi ke ATM.

Atau bagi yang akun rekeningnya belum memiliki semua fasilitas tersebut dapat langsung melakukan pembayaran di ATM terdekat dengan opsi pembayaran khusus pada mesin ATM. Sejauh ini terdapat beberapa bank besar yang melakukan kerjasama dengan pihak BPJS yakni Mandiri, BRI, BNI, dan BCA

Pembayaran Melalui MiniMarket

Untuk mengantisipasi berbagai pihak yang belum memiliki rekening bank dan agar lebih mudah dijangkau masyarakat, pihak BPJS melakukan kerjasama dengan dua minimarket ternama di Indonesia, Indomaret dan Alfamart, untuk melakukan transaksi pembayaran BPJS.

Untuk melakukan pembayaran dengan cara ini, anda cukup mengunjungi salah satu dari dua minimarket tersebut yang paling dekat. Langsung saja datangi kasir dan informasikan jika anda ingin melakukan pembayaran iuran bulanan BPJS. Anda akan dimintai data kepsertaan seperti nomor BPJS dan diminta mengkonfirmasi apakah data terkait sesuai dengan akun BPJS anda. Pembayaran bisa dilakukan  secara tunai ataupun nontunai.

Pembayaran Melalui Toko Online

Mengingat jumlah pengguna internet dan transaksi online yang terus meningkat, pihak BPJS tak lama ini juga membuka kerja sama dengan beberapa toko online dalam menyediakan media pembayaran agar lebih mudah dan tentunya praktis. Beberapa toko online yang menyediakan layanan ini antara lain Tokopedia, Matahari Mall, dan Buak Lapak.

Untuk proses pembayarannya sendiri cukup mudah, anda cukup akses situs dari tokoonline yang ingin dijadikan sarana pembayaran, login atau kalau belum punya daftar terlebih dahulu, pilih menu untuk pembayaran iuran BPJS. Biasanya anda hanya akan dimintai nomor kartu atau virtual account serta berapa bulan tagihan yang akan dibayarkan. Metode pembayarannya sendiri bisa menggunakan kartu kredit, transfer bank, ataupun mobile banking.

Cek selengkapnya: Cara Bayar BPJS Online Tanpa Ribet

Pembayaran Melalui Aplikasi BBM

Pembayaran iuran BPJS dengan aplikasi BBM ini memang lumayan baru dan sangat mudah seperti halnya pembayaran BPJS online lainnya. Anda bisa menemukan opsi pembayaran di menu discover atau bagian menu bar paling kanan dan pilih bayar BPJS kesehatan.  Anda akan dimintai nomor hp untuk konfirmasi pembayaran dan nomor kartu BPJS.

***

Demikianlah ulasan mengenai metode pembayaran BPJS Kesehatan yang bisa kami jabarkan untuk anda. Jika ada pertanyaan lebih lanjut silahkan sampai di kolom komentar.

Baca juga: Akibat Jika Pembayaran BPJS Kesehatan Terlambat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *