Panduan Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online dan Offline

Cara Daftar BPJS Kesehatan – Mengobati dan menjaga kesehatan merupakan sesuatu yang bisa dibilang langka, bagamana tidak ? kita lihat dari jumlah perokok sekarang bukannya berkurang malah bertambah padahal dibungkus rokok tersebut dengan jelas ditulis merokok dapat membunuhmu tetapi masih saja banyak seseorang beranggapan kalau tidak merokok bakal mati juga jadi kenapa harus berhenti?

Marilah kita sama-sama merubah pola pikir yang seperti itu karena dari segi kesehatan badan dan dari pengeluaran kalian akan lebih baik, STOP merokok.

Kini sudah banyak upaya pemerintah untuk membantu rakyat yang tidak mampu dalam berobat serta memberikan informasi kesehatan bagi rakyat yang kurang paham tentang pola hidup sehat yang benar. Salah satu upaya pemerintah yaitu mendirikan lembaga BPJS Kesehatan yang resmi berdiri pada tanggal 1 Januari 2014, lembaga satu ini banyak membantu rakyat yang tidak mampu membayar biaya rumah sakit.

Jika  kalian masih bingung cara daftar BPJS Kesehatan, dalam kesempatan kali ini InfoBPJSKesehatan akan membantu kalian mendaftar BPJS Kesehatan secara online maupun Offline dan apa saja dokumen-dokumen yang harus dibawa saat mendaftar BPJS Kesehatan sebagai berikut.

Cara daftar BPJS Kesehatan
Cara daftar BPJS Kesehatan Melalui Call Center

Cara Daftar BPJS Kesehatan secara offline yang benar

Berikut ini panduan cara daftar BPJS Kesehatan secara offline yang bisa anda lakukan:

  • Cara daftar BPJS Kesehatan untuk umum

  1. Hal pertama yang harus kalian ingat untuk menyiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan diantaranya fotocpoy KK, KTP, foto terbaru 3×4 serta membayar iuran bulan pertama sesuai dengan kelas yang ingin anda pilih kelas 1 59 ribu, kelas 2 42 ribu dan kelas 3 25 ribu.
  2. Selanjutnya yang harus kalian lakukan pergilah ke kantor pusat BPJS Kesehatan atau cabang BPJS Kesehatan untuk melakukan pendaftaran peserta baru terdekat dari rumah anda, selain itu kalian juga bisa mendaftar secara kolektif dengan koordinasi ketua RT masing masing supaya lebih mudah.
  3. Setelah sampai dilokasi ada baiknya untuk bertanya kepada satpam tentang cara daftar BPJS Kesehatan agar tidak salah, karena setelah itu kalian akan ditanya sudah membawa semua persyratan dan diberi FROM isilah data kalian dengan cermat dan teliti jangan sampai salah isi.
  4. Selanjutnya kalian akan diberikan virtual account yang berfungsi sebagai media pembayaran atau tujuan pengiriman uang yang dibutuhkan.
  5. Berikutnya lakukan pembayaran sesuai jumlah yang dibutuhkan lalu kembali lah ke kantor BPJS Kesehatan untuk menunjukan bukti transaksi sampai kartu BPJS anda dicetak.

Cara daftar BPJS Kesehatan untuk Polisi POLRI, PNS , Peserta Askes dan ABRI TNI

  1. Cara daftar BPJS Kesehatan sama dengan diatas
  2. Kalian dapat memilih ingin mendaftar secara umum atau kolektif
  3. Iuran bulanannya dibayar melalui potongan gaji
  4. Setelah semua proses diatas siap kalian tinggal menunggu mencetak kartu BPJS kesehatan sampai selesai

Cara Daftar BPJS Kesehatan untuk Karyawan atau Pegawai Perusahaan

  1. Sebagai pegawai perusahaan kalian akan didaftarkan oleh perwakilan perusahaan anda bekerja, anda hanya perlu mengumpul syarat-syarat yang dibutuhkan
  2. Proses pembayarannya akan ditanggung oleh perusahaan sesuai dengan kesepakatan bersama
  3. Setelah itu kalian akan diberikan kartu BPJS oleh wakil perusahaan anda bekerja

Cara daftar BPJS Kesehatan secara online dengan benar

Cara daftar BPJS Kesehatan Secara Online
Cara daftar BPJS Kesehatan Secara Online

Untuk anda yang mau lebih simpel, anda bisa mendaftar secara online. Berikut ini cara daftar BPJS Kesehatan secara online yang benar:

  1. Pertama kalian hanya perlu menyiapkan dokumen-dokumenyang diperlukan seperti KTP, KK, Kartu NPWP, dan alamat email/nomor telepon
  2. Setelah dokumennya siap kalian hanya perlu mengunjugi situs bpjs-kesehatan.go.id melalui komputer/smartphone masing-masing.
  3. Selanjutnya anda akan disuruh mengisi data yang sudah disiapkan oleh pihak BPJS Kesehatan dan memilih kelas sesuai minat masing-masing baik kelas 1, kelas 2 dan kelas 3 karena setiap kelas membayar uang Iuran yang berbeda tentu fasilitas yang diberikan juga berbeda
  4. Berikutnya cek semua data diri anda jika merasa ada yang salah langsung perbaik, jika sudah beres semua silahkan untuk menyimpan data kalian.
  5. Setelah data tersimpan kalian akan diberikan informasi mengenai Virtual Anccount yang berfungsi untuk melakukan pembayaran ke Bank BNI, BRI dan mandiri
  6. Silahkan untuk membayar uang Iuran awal sesuai dengan jumlahnya
  7. Setelah semua selesai kalian bisa langsung print kartu tanda peserta BPJS Kesehatan

Cara Daftar BPJS Kesehatan Sendiri Melalui Call Center 1500 400

Ternyata kini ada cara yang lebih mudah lagi, yaitu dengan menggunakan fitur call center. Anda bisa mendaftar BPJS Kesehatan dengan cara menghubungi nomor call center BPJS Kesehatan di 1500 400. Berikut ini prosedur pendaftarannya:

  • Nomor Kartu Keluarga
  • NIK di KTP
  • Nomor Handphone Aktif
  • Nomor rekening tabungan (BNI, BRI, Mandiri atau BTN)
  • Alamat domisili (untuk pengiriman kartu)
  • Alamat email Aktif

Kemudian silhakn menghubungi call center Bpjs Kesehatan 1500400 tadi dan sebutkan data data pribadi anda tadi, maka segera proses pendaftaran selesai hari itu juga dengan mengirimkan nomer virtual account pada HP & email anda yang nantinya dibayarkan minimal setelah 14 hari kerja.

Setela anda bayar melalui Indomart atau kantor Pos, bisa juga melalui pembayaran listrik dll, maka kartu BPJS Kesehatan akan di kirim melalui paket pos langsung kerumah anda. Mudah-kan

Tips sebelum melakukan Cara daftar BPJS Kesehatan diatas

  • Persiapkan semua persyarat yang diperlukan, suapaya anda tidak bolak balik kekantor BPJS Kesehatam
  • Setelah semua persyaratan dirasa lengkap, kalian tinggal meminta formulir pendaftaran
  • Kalian akan disuruh memilih Faskes ( fasilitas kesehatan), kalau bisa pilihlah puskesmas terdekat
  • Jika dalam satu KK terdapat anggota yang sudah terdapat sebagai peserta BPJS Kesehatan bawalah fotocopy karena akan ditanya nomor kartu BPJS Kesehatan keluarga anda.
  • Setelah semua selesai kalian tinggal verifikasi dan lakukan pembayar di BANK BNI, BRI dan Mandiri

Pilihlah cara daftar BPJS Kesehatan yang kalian rasa cukup nyaman, karena kenyamanan anda adalah kebahagiaan bagi kami, sekian penjelasan dari kami tentang cara daftar BPJS Kesehatan semoga dapat membantu anda semua.

Simak juga: Fakta Seputar BPJS Kesehatan yang Harus Anda Ketahui!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *