Syarat Mendaftar BPJS Kesehatan Terbaru yang Harus Anda Penuhi

Persyaratan Bikin BPJS – Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus terpenuhi. Namun ternyata kesehatan masih menjadi barang mahal dan mewah bagi sebagian kalangan masyarakat kita.

Tidak sedikit masyarakat kita yang harus terlantar akibat sakit yang dideritanya tidak kunjung diobati, bahkan tidak jarang juga yang meregang nyawa.

Salah satu solusi yang coba ditawarkan pemerintah untuk masyarakat kelas menengah bawah bahkan menengah atas adalah BPJS Kesehatan yang merupakan transformasi dari Askes.

Namun sayangnya, tidak semua masyarakat kita yang tahu bagaimana caa mengakses fasilitas kesehatan dari BPJS Kesehatan. Padahal informasi sekarang tersebar dengan sangat cepat sekali.

Nah, pada artikel ini InfoBPJSOnline akan menyajikan syarat-syarat pendaftaran BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan merupakan lembaga asuransi yang dibuat oleh pemerintah untuk membantu WNI maupun WNA yang sudah tinggal menetap di Indonesia.

Persyaratan Bikin BPJS via Sepulsa
Persyaratan Bikin BPJS via Sepulsa

Selain itu kami juga menyajikan kelebihan dan kekurangan BPJS Kesehatan secara detail, tentu anda tidak ingin salah informasi mengenai BJPS Kesehatan. Langsung saja anda perhatikan beberapa Persyaratan bikin BPJS sebagai berikut :

Persyaratan Bikin BPJS Kesehatan Terbaru

  1. Pertama bagi anda yang ingin melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan harus memiliki usia yang tercapai secara hukum, karena dengan usia yang cukup anda siap mengikuti semua kewajiban yang ditetapkan oleh pemerintah
  2. Melakukan pengisian data secara benar serta anda siap mempertanggungjawabkan data tersebut
  3. Selanjutnya saat anda melakukan pendaftaran diri beserta semua anggota keluarga yang bersangkutan
  4. Melakukan pembayaran sesuai dengan kelas fasilitas kesehatan yang dipilih paling lambat tanggal 10
  5. Berikutnya saat terjadi perubahan status data anggota, maksud dari perubahan status seperti perubahan kelas fasilitas kesehatan, jumlah keluarga serta terjadi penambahan dan kurangnya anggota keluarga
  6. Siap menjaga kartu ID anggota BPJS Kesehatan agar menghindari penggunaan kartu oleh orang yang tidak berhak serta siap melakukan pembuatan ulang kartu ID peserta jika hilang
  7. Saat kartu ID BPJS Kesehatan hilang segera melaporkan kepada pihak lembaga BPJS Kesehatan serta siap memenuhi kepersyaratan yang ditentukan oleh pihak BPJS
  8. Selanjutnya anda harus siap melakukan pembayaran iuran bulanan sesuai dengan kelas fasilitas kesehatan yang dipilih selama (30 hari menurut kalender)
  9. Saat melakukan pembayaran Iuran paling lama 14 hari setelah meneriman akun BPJS Kesehatan
  10. Selanjutnya anda harus setuju melakukan pencetakan kartu ID BPJS Kesehatan
  11. Saat melakukan perubahan susunan keluarga harus dilakukan di pusat kantor BPJS Kesehatan serta cabang kantor BPJS.

Bagaimana mudah bukan menyiapkan persyaratan bikin BJPS, setelah semuanya beres segera lakukan pendaftaran secara online maupun offline.

Kelebihan BPJS Kesehatan

Setelah anda memahami persyaratan bikin BPJS selanjutnya kami akan menyajikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari BPJS Kesehatan. Biaya yang dikeluarkan oleh perserta selalu mengalami kenaikan biaya setiap tahunnya.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa asuransi kesehatan swasta terlalu mahal bagi masyarakat biasa, setelah terbentuk BPJS Kesehatan banyak penduduk indonesia yang tidak mampu terbantu dalam bidang kesehatan. Meskipun begitu masih terdapat kekurangan   dari lembaga BPJS Kesehatan yang sering kita temui. Kesempatan kali ini kami akan menyajikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari BPJS Kesehatan sebagai berikut:

Banyaknya masyarakat yang mendaftar di BPJS Kesehatan membuktikan bahwa lembaga pemerintah dibanding kesehatan ini memiliki banyak kelebihan. Kali ini kami akan memberikan beberapa kelebihan dari BPJS Kesehatan sebagai berikut :

  • Biaya murah

Iuran yang dikeluarkan oleh peserta BPJS terbilang sangat murah karena bagi anda yang memilih kelas 1 hanya membayar 59.000 perbulan, kelas 2 hanya membayar 49.000 perbulan serta kelas 3 hanya membayar 25.000 perbulan.

Meskipun biaya yang dikeluarkan murah fasilitas kesehatan yang diberikan sangat mewah dari segi pemeriksaan, rawat inap, pembedahan, obat. Namun fasilitas yang ditawarkan berbeda antara  fasilitas kelas 1,kelas 2 dan kelas 3 berbeda karena iruan bulanan yang dibayar berbeda juga

  • Masyarakat indonesia wajib mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan

Badan lembaga BPJS Kesehatan mewajibkan semua penduduk indonesia maupun orang asing untuk mendaftar diri sebagai peserta BPJS Kesehatan, karena  semua itu sudah dijelaskan dalam UUD pemerintah indonesia.

  • Tanpa medical check up

Jika anda mendaftar pada asuransi kesehatan swasta anda akan dikenakan biaya check up pertama, yang lebih parahnya jika pasien itu berumur lebih dari 40 tahun akan dikenakan biaya check up lebih mahal. Beda dengan asuransi kesehatan BPJS anda hanya perlu membayar uang iuran bulanan saja, selebihnya akan dinikmati secara gratis.

  • Peserta BPJS Kesehatan akan dijamin seumur hidup

Dari beberapa lembaga kesehatan yang ada di indonesia hanya BPJS Kesehatan-lah yang berani memberikan jaminan kesehatan seumur hidup. Dari informasi yang kami asuransi kesehatan swasta hanya berani menjamin peserta sampai umur 100.

  • BPJS Kesehatan tidak ada terkecuali

Badan hukum pemerintah yang satu ini sangat lah baik, karena semua penduduk indonesia bisa menjadi anggota tanpa terkecuali. Kalau badan kesehatan swasta akan susah menerima anggota baru yang sudah terkena penyakit kronis, misalkan diterima pun biaya yang akan dikeluarkan akan sangat mahal.

Diatas merupakan kelebihan dari BPJS Kesehatan oleh sebab itu segeralah untuk menyiapkan semua persyaratan bikin BPJS, karena anda akan rugi bila tidak terdaftar sebagai anggota lembaga satu ini.

Kekurangan BPJS Kesehatan

Dari beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh BPJS Kesehatan tentu terdapat kekurangan dari BPJS Kesehatan seperti sistem yang gunakan masih baru dan selalu diusahakan untuk diperbaiki seiring berjalannya waktu. Kesempatan kali ini kami akan memberikan kekurangan-kekurangan dari lembaga BPJS Kesehatan berikut ini :

  • Metode berjenjang

Kekurangan pertama dari BPJS Kesehatan adalah metode yang digunakan, kita ketahui bahwa BPJS Kesehatan menggunakan metode berjenjang yang digunakan sebelum pasien mengalami keadaan darurat.

Biasanya anda akan menerima fasilitas kelas 1 berupa klinik dan puskesmas, jika keadaan anda disana tidak juga kunjung tentu ingin pindah kerumah sakit bukan ?? Nah disinilah masalah yang akan anda rasa karena anda harus mengajukan kepada pihak BPJS dan menunggu persetujuan pindah kelas tersebut.

Pada bidang asuransi kesehatan swasta yang lain peserta dapat langsung kerumah sakit yang bekerja sama.

  • Hanya terdapat di indonesia

Badan hukum pemerintah ini hanya terdapat di indonesia, jadi jika anda sedang diluar negeri dan sedang sakit maka harus membiayai ongkos rumah sakit dengan uang sendiri beda dengan asuransi kesehatan swasta yang bisa melakukan pengobatan diluar negeri

  • Antri

Dari masalah ini memang sedikit membuat capek, karena anda harus antri saat melakukan pendaftaran dan perbaikan data jika terjadi perubahan susunan keluarga. Namun saat melakukan pendaftaran sekarang anda bisa melakukan pendaftaran secara online sehingga dapat memudahkan anda, tetapi saat ingin melakukan perbaikan data tetap harus langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

  • Sulit mendapatkan kelas 1

Kekurangan terakhir dari BPJS Kesehatan adalah sulitnya mendapatkan kelas 1, kita ketahui bahwa kelas 1 merupakan kelas fasilitas terbaik namun sangat sulit bagi peserta baru untuk mendapatkan kelas tersebut.

Diatas merupakan kekurangan dari BPJS Kesehatan, namun jangan mengurangi niat anda mendaftarkan diri sebagai anggota baru BPJS Kesehatan karena kapan lagi kesehatan anda bisa dijamin secara murah namun fasilitas yang ditawarkan begitu mewah. Segera lah melengkapi semua persyaratan bikin BPJS diatas.

Baiklah itu adalah informasi tentang persyaratan bikin BPJS, serta kelebihan dan kekurangan yang bisa anda pahami. Semoga sedikit informasi ini bisa membantu anda semua. Jangan lewatkan juga: Panduan Cara mengurus BPJS Kesehatan yang Benar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *