Daftar Syarat Buat BPJS Kesehatan Berdasarkan Golongan Masyarakat

Syarat Buat BPJS – Sudahkah anda menjadi peserta BPJS kesehatan saat ini? Kalau anda belum menjadi anggota sebaiknya anda menyegerakan diri untuk ikut menjadi peserta BPJS kesehatan karena banyak manfaat yang bisa didapatkan terlebih lagi syarat buat BPJS kesehatan juga tak ribet dan sulit dicari.

Bagi anda yang kebetulan ingin mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS kesehatan ada baiknya untuk memahami syarat pembuatan, mengingat BPJS kesehatan sendiri memiliki tiga golongan kepesertaan yang tersedia hingga saat ini, yakni PBI, PPU, dan juga PBPU dan BP. Setiap golongan yang disebutkan tersebut memiliki proses dan persyaratan tersendiri agar dapat mengikuti kepesertaan BPJS.

Syarat Buat BPJS
Syarat Buat BPJS

Peserta PBI atau penerima bantuan iuran merupakan mereka yang termasuk ke dalam golongan masyarakat dengan kemampuan finansial lemah atau berada di garis kemiskinan. Peserta PPU atau pekerja penerima upah merupakan mereka yang bekerja sebagai pegawai atau karyawan baik itu perusahaan negeri ataupun swasta yang memiliki upah bulanan dan tunjangan tetap.

Artikel terkait: Info Cara Daftar BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Mandiri

Sedangkan untuk PBPU merupakan golongan pekerja bukan penerima upah yang bekerja secara mandiri tanpa terikat di perusahaan atau badan usaha mana pun. Untuk BP atau golongan bukan pekerja, bisa terdiri dari para pemberi kerja, investor, pensiunan, veteran dan lain-lainnya. Dua golongan inilah (PBPU dan BP) yang merupakan peserta yang bisa melakukan pendaftaran BPJS secara mandiri dan biaya sepenuhnya tanggungan peserta.

Syarat Buat BPJS Kesehatan Berdasarkan Golongan Masayarakat

Berikut ini Info BPJS Online syarat buat BPJS Kesehatan yang harus anda ketahui:

Untuk Golongan PBI

Masyarakat yang ingin mendaftar sebagai golongan PBI sepertinya harus sedikit mengurungkan niatnya. Pasalnya, khusus untuk golongan ini, proses pemilihannya tidak dapat ditentukan sendiri oleh peserta melainkan melalui proses penyeleksian oleh pemerintah berdasarkan data yang diberikan oleh BPS terkait penduduk yang termasuk dalam kategori di bawah garis kemiskinan.

Meski begitu, jika calon peserta BPJS merasa tidak mampu dalam membayarkan iuran yang dibebankan tiap bulannya bisa menghubungi perangkat desa setempat untuk diusahakan agar masuk ke dalam daftar penerima jika ada update pendataan dari pihak BPS.

Untuk Golongan PPU

Dalam proses pembuatan kartu BPJS, golongan PPU tidak bisa melakukannya secara langsung ke kantor BPJS terdekat melainkan harus melalui perusahaan atau badan usaha terkait dimana pegawai atau karyawan tersebut bekerja.

Keterlibatan perusahaan di sini diperlukan mengingat sebagian dari biaya untuk iuran bulanan BPJS ditanggung oleh pihak perusahaan. Besaran biaya yang ditanggung oleh perusahaan sendiri berbeda beda sesuai dengan ketentuan BPJS ketenagakerjaan yang berlaku.

Syarat buat BPJS untuk golongan ini yakni dengan menyerahkan menyerahkan identitas berupa KTP, salinan Kartu Keluarga, dan pas foto berwarna dengan ukuran 2×3 sebanyak 1 lembar. Berkas ini diserahkan pada pihak berwenang di perusahaan untuk selanjutnya diproses.

Untuk Golongan PBPU dan BP

Calon peserta yang merupakan golongan ini memiliki kelebihan yang tidak disediakan untuk kedua golongan yang telah disebutkan di atas. Golongan PBPU dan BP dapat melakukan pendaftaran secara mandiri dan memilih kelas yang disediakan sesuai dengan kemampuan finansial tak seperti PBI yang mendapat kelas 3 dan PPU yang hanya diperkenankan untuk mengambil kelas 1 dan 2. Tarif kelasnya sendiri sebagai berikut.

  • Biaya iuran kelas 1 Rp.80.000,- per individu setiap bulan
  • Biaya iuran kelas 2 Rp.51.000,- per individu setiap bulan
  • Biaya iuran kelas 3 RP.25.500,- per individu tiap bulan

Untuk syarat buat BPJS golongan PBPU dan BP cukup mudah yakni identitas KTP, fotokopi KK, pas foto berwarna 3×4 berjumlah 1 lembar, salinan buku tabungan jika ingin mengambil kelas 1 dan 2, serta mengisi formulir daftar isian peserta yang telah disediakan. Simak juga: Besaran Tarif BPJS Kesehatan yang Berlaku Saat ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *