Info Cara Daftar BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Mandiri

Daftar BPJS – Menjadi bagian dari program asuransi kesehatan pemerintah, BPJS kesehatan, akan memberikan kita banyak kemudahan dan benefit yang bisa didapatkan. Program yang mulai efektif berjalan tahun 2014 silam ini juga disambut dengan antusiasme yang baik oleh berbagai lapisan masyarakat.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya antrian para peserta di kantor BPJS kesehatan untuk melakukan proses daftar BPJS.

Bagi anda yang saat ini belum memiliki status kepesertaan sebagai anggota BPJS, ada baiknya segera mengusahakannya agar jika terjadi resiko seperti terserang penyakit pada diri sendiri atau anggota keluarga, anda tak akan terlalu berat menanggung beban biaya pengobatan dan perawatan (jika rawat inap).

Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Mandiri
Daftar BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Mandiri

Sebelum anda memutuskan untuk melakukan pendaftaran, ada beberapa hal yang harus anda ketahui terkait jenis keanggotaan BPJS yang dapat dilakukan secara mandiri atau kolektif, yakni golongan PPU, dan PBPU serta BP. Sementara untuk golongan PBI, semua keputusan mulai dari siapa yang berhak menerima hingga proses pembiayaannya menjadi tanggung jawab pemerintah.

Daftar BPJS Kesehatan

Jenis kepesertaan BPJS Kesehatan ini merupakan jenis yang paling umum dijumpai mengingat daftar BPJS golongan ini bisa dilakukan secara mandiri tanpa memerlukan perantara atau wadah apapun. Jenis kepesertaan ini bisa memilih varian kelas yang disediakan berdasarkan bagaimana kemampuan perekonomiannya, mulai dari kelas 1 untuk kelas paling maha, kelas 2 menengah, dan kelas 3 dengan tarif bulanan paling murah.

Untuk melakukan pendaftaran, tersedia dua cara yang disediakan, yakni secara konvensional dan online. Cara konvensional mengharuskan anda untuk datang langsung ke kantor BPJS terdekat, sementara untuk pendaftaran melalui online, anda cukup mengunjungi website resmi untuk daftar BPJS kesehatan di bpjs-kesehatan.go.id dan pilih opsi pendaftaran pada panel sebelah kanan.

Terkait persyaratannya sendiri, baik online maupun offline tak ada perbedaan yang signifikan. Masing-masing memerlukan syarat yang sama yakni data identitas seperti KTP, KK, rekening bank, dan juga pas foto 3×4 berwarna. Perbedaannya mungkin hanya terletak pada tipe berkas yang digunakan, jika offline harus berupa salinan, sedang untuk online berupa scan file.

Simak selengkapnya: Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online dan Offline

Daftar BPJS Ketenagakerjaan

Golongan lain yang dapat melakukan pendaftaran secara mandiri adalah para pekerja penerima upah dan tunjangan. Golongan ini hanya diberikan dua macam pilihan kelas yakni kelas 1 dan 2. Pemilihan kelas tersebut juga bukan kehendak para calon peserta melainkan berdasarkan perimbangan tertentu yang diambil dari upah bulanan dan tunjangan yang diterima. Namun kabar baiknya, pembiayaan iuran tak sepenuhnya ditanggung oleh pekerja melainkan juga dibantu oleh perusahaan.

Banyak manfaat yang akan diterima oleh pekerja jika menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan, tak hanya untuk proteksi dari berbagai resiko yang dapat terjadi saat berada di lingkungan kerja ataupun resiko kesehatan, karyawan juga mendapatkan kelebihan lain seperti jaminan untuk hari tua dan jaminan kematian.

Untuk melakukan pendaftaran BPJS ketenagakerjaan, terdapat sedikit perbedaan pada persyaratan yang musti dipenuhi yakni untuk pekerja yang memiliki ikatan dengan perusahaan dan pekerja mandiri. Untuk pekerja yang memiliki ikatan terhadap perusahaan, proses pendaftaran karyawan diserahkan pada pihak yang bertanggung jawab di perusahaan tersebut. Selain dokumen SIUP, NPWP, Akta perdagangan perusahaan, pihak perusahaan juga harus menyerahkan berkas identitas para karyawan seperti KTP, KK, dan pas foto.

Lain halnya dengan para pengusaha dan pekerja lepas (freelancer), mereka harus membentuk wadah usaha paling tidak terdiri dari 10 orang pekerja terlebih dahulu untuk dapat mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan. Persyaratan daftar BPJS juga tak jauh beda dari pekerja yang memiliki ikatan, yakni surat izin usaha dari kelurahan setempat dan berkas identitas para anggotanya.

Simak selengkapnya: Info Terlengkap Seputar BPJS Ketenagakerjaan

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan terkait syarat dan cara daftar BPJS kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Jangan lewatkan juga: Fakta Seputar BPJS Kesehatan yang Harus Anda Ketahui!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *