Besaran Tarif BPJS Kesehatan yang Berlaku Saat ini!

Tarif BPJS Kesehatan – BPJS kesehatan merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang memiliki kewenangan dalam menyelenggarakan jaminan kesehatan untuk semua lapisan masyarakat Indonesia, mulai dari masyarakat kelas atas hingga tak mampu.

Demi meningkatkan pelayanan dan kinerja, per tanggal 1 April 2016 silam, pihak BPJS secara resmi memberlakukan tarif BPJS kesehatan baru. Hal tersebut diberlakukan sesuai dengan Perpres yang telah ditetapkan dimana terdapat perubahan iuran bagi peserta PBPU atau Pekerja Bukan Penerima Upah.

Tarif BPJS Kesehatan Terbaru yang Berlaku

Berdasarkan peraturan baru yang telah ditetapkan oleh presiden, perubahan iuran atau tarif BPJS kesehatan tersebut hanya diberlakukan untuk peserta kelas 1 dan kelas 2. Untuk perubahannya sendiri, kelas 1 mengalami peningkatan sebesar 0,3% dari iuran awal.

Sedangkan untuk kelas 2, perubahan yang terjadi lebih sedikit dengan prosentase sebesar 0,2% dari tarif awal. Peserta kelas 3 tidak mengalami perubahan tarif apapun guna dapat mengakomodasi masyarakat kelas bawah untuk tetap mendapat jaminan kesehatan dengan tarif terjangkau.

  • Kelas 1, iuran awal Rp59.500 menyesuaikan jadi Rp80.000
  • Kelas 2, tarif awal Rp42.500 menyesuaikan jadi Rp51.000
  • Kelas 3, tetap RP25.500 tak ada perubahan tarif
Tarif BPJS kesehatan
Tarif BPJS kesehatan

Untuk pembayarannya, peserta diberikan tenggang waktu hingga tanggal 10 setiap bulannya. Jika kebetulan pada saat ingin melakukan pembayaran tanggal 10 ternyata hari libur, tagihan dapat dibayarkan pada hari kerja berikutnya.

Sanksi Jika Melakukan Keterlambatan Pembayaran

Sama seperti kebanyakan perusahaan asuransi kesehatan lainnya, BPJS sendiri memberlakukan peraturan untuk meminimalisir keterlambatan dengan memberikan sanski setiap terjadi keterlambatan. Untuk keterlambatan yang terjadi setelah 1 bulan sejak tanggal terakhir ketentuan pembayaran (tanggal 10), maka status kepesertaan akan tidak aktif untuk sementara waktu.

Dengan kata lain, jika kartu BPJS yang anda miliki tidak dalam masa aktif, maka kartu tak bisa dipergunakan untuk memperoleh pengobatan gratis dari fasilitas kesehatan terkait. Untuk kembali mengaktifkan status kepesertaan BPJS dan dapat menerima pengobatan gratis, peserta diharuskan untuk melunasi tagihan yang menunggak dan tagihan pada bulan pembayaran tersebut.

Selain itu ada sanksi lain yang dikenakan untuk keterlambatan saat masa rawat inap. Per 1 April 2016, sama halnya dengan tarif BPJS kesehatan yang mengalami kenaikan, denda yang diberlakukan juga mengalami perubahan, semula 2% kini menjadi 2,5%. Jadi, apabila peserta melakukan keterlambatan pembayaran tagihan tersebut saat dalam masa perawatan inap, maka peserta harus ikut menanggung biaya sebesar 2,5% dari total biaya perawatan hingga sembuh.

Perlu diketahui, jika masa aktif kembalinya kartu BPJS untuk mendapatkan perawatan inap berbeda dengan pengobatan di faskes (rawat jalan), yakni setelah 45 hari kartu diaktifkan kembali. Jadi jika sebelum masa tersebut peserta membutuhkan perawatan inap, maka akan dikenakan denda sesuai ketentuan tadi.

Pindah Kelas Kepesertaan

Jaminan yang disediakan BPJS semaksimal mungkin fleksibel dan akan menyesuaikan kemampuan ekonomi pesertanya. Terjadinya perubahan status sosial memang hal yang lumrah, yang tadinya tak mampu menjadi pihak yang mampu ataupun sebaliknya.

Untuk menyesuaikan terhadap perubahan tersebut, BPJS memperbolehkan adanya perpindahan kelas atau migrasi baik naik ataupun turun kelas sesuai dengan kemampuan finansial peserta. Untuk proses pengurusannya, pindah kelas hanya dapat dilakukan di kantor cabang BPJS terdekat dan juga telah memenuhi syarat paling tidak sudah aktif menjadi anggota BPJS kesehatan selama satu tahun.

Sedikit informasi untuk kasus peserta yang pindah kelas perawatan. Jika sebelumnya peserta kelas 3 tidak bisa naik kelas perawatan ke kelas 1, maka dengan ditetapkannya peraturan baru, peserta kelas 3 yang memiliki tarif BPJS kesehatan terendah tetap bisa naik kelas perawatan dengan membayarkan selisih biaya perawatan.

Jangan lewatkan juga: Pilihan Mudah Cara Bayar BPJS Online Tanpa Ribet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *